Gempa hari ini, Minggu 24 Desember 2023: Terjadi satu kali dan mengguncang Indonesia di Sumbawa, NTB

Liputan6.com, Jakarta – Gempa kembali mengguncang Indonesia pada akhir pekan, Minggu (24/12/2023). Hingga pukul 19.45 WIB, gempa hari ini baru terjadi satu kali.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan lindu berguncang siang tadi pukul 13:00:55 WIB di wilayah Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Episentrum gempa berada di laut 73 kilometer timur laut Sumbawa, jelas BMKG melalui situs resminya www.bmkg.go.id.

Episenter gempa di Lind berada pada koordinat 7,99 Lintang Selatan (LS) dan 117,85 Bujur Timur (BT). Gempa tersebut berkekuatan 4,7 dengan kedalaman 35 kilometer.

Linda merasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II-III di Domp.

Apa itu gempa bumi?

Sekadar informasi, gempa bumi merupakan bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi kapan saja dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia merupakan daerah rawan gempa.

Gempa bumi merupakan bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda.

Menurut WHO, gempa bumi di seluruh dunia menyebabkan 750 ribu kematian pada periode 1998-2017. Gempa bumi berdampak pada lebih dari 125 juta orang selama periode ini.

Merespon bencana gempa bumi

Meski tidak bisa dicegah, gempa bumi merupakan bencana yang bisa dihadapi. Salah satu cara menanggulangi gempa bumi adalah dengan tanggap terhadap bencana gempa bumi.

Contoh respon gempa adalah mengetahui prosedur evakuasi dan mengikuti petunjuk keselamatan ketika bencana ini terjadi.

Menurut BNPB, gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung berapi, atau runtuhnya batuan.

Menurut BMKG, gempa bumi adalah suatu peristiwa terjadinya guncangan bumi akibat adanya pelepasan energi dalam bumi secara tiba-tiba, yang ditandai dengan pecahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

READ  Bagaimana cara kerja pewarna rambut secara kimia?

Menurut WHO, gempa bumi adalah guncangan bumi secara tiba-tiba dan hebat yang disebabkan oleh pergerakan antar lempeng tektonik di sepanjang garis patahan kerak bumi. Gempa bumi dapat menyebabkan guncangan tanah, pencairan tanah, tanah longsor, retakan, longsoran salju, kebakaran, dan tsunami.

Video viral tersebut menyebar hingga ke pemukiman warga yang terdampak gempa berkekuatan 4,3 SR. Bencana gempa terjadi di Kabupaten Brebes

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *