9 Fakta Yuna, Film yang Kembali Bikin Heboh Usai Tayang Perdana di TV

Suara.com – Film Yuni merupakan salah satu film yang tayang di bioskop Indonesia pada tahun 2021 saat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Film ini menjadi perwakilan nominasi Indonesia pada kategori International Feature Film pada Academy Awards 2022 atau Academy Awards ke-94.

Sayangnya, film tersebut gagal karena tidak memperoleh cukup suara untuk dipertimbangkan sebagai nominasi. Drive My Car (Jepang) dan Lunana: A Yak in the Classroom (Bhutan) menjadi perwakilan Asia dalam daftar nominasi Oscar Film Fitur Internasional 2022.

Meski ceritanya menarik dan menjadi wakil Indonesia untuk nominasi Oscar, namun film Yuni hanya sedikit meraih penonton setelah rilis di bioskop.

Namun baru-baru ini film tersebut tayang perdana di televisi pada hari pertama tahun 2024.

Film tersebut pun kembali mendapat perhatian setelah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air.

1. Diproduksi dan ditayangkan pada masa pandemi Covid

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Sebagai sutradara, Kamila Andini membuat film Yuni dengan berbagai kendala dan kesulitan di tengah pandemi Covid-19.

Film Yuni sempat tayang di bioskop saat pandemi sehingga hanya ditonton 117 ribu orang. Namun film Yuni menduduki peringkat ke-9 sebagai film terlaris tahun 2021 saat itu.

2. Menarik rumah produksi di luar negeri

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Penggarapan film Yuni ini cukup menarik perhatian rumah produksi luar negeri yang ingin berkolaborasi dengan Fourcolours Films dan Starvision Plus.

Ini termasuk Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Prancis) dan didukung oleh Cercamon World Sales. Film Yuni juga dibiayai oleh Aide Aux Cinémas Du Monde CNC (Prancis), Visions Sud Est (Swiss), Purin Pictures (Thailand) dan MPA-APSA Academy Film Fund (Australia).

3. Terinspirasi dari kisah SENI

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Kisah dalam film Yuni yang menyoroti pernikahan perempuan di usia muda ini rupanya terinspirasi dari pembantu rumah tangga (ART) Kamila Andini.

READ  Bisnis Berkelanjutan Sukses Di Mataram Terbukti

ART Kamila Andini dikabarkan pulang ke rumah karena putri remajanya akan segera melahirkan. Yuni juga diproduseri oleh suami Kamila Andini, Ifa Isfansyah.

4. Gunakan bahasa jaseng

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Indonesia berbahasa daerah mulai bermunculan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Yuni. Pasalnya film Yuni bercerita tentang seorang siswi SMA asal Serang, Banten.

Oleh karena itu, sebagian besar dialog dalam film Yuni menggunakan bahasa Jawa Serang (Jaseng). Film Yuni juga menggunakan bahasa Jawa Banten dan Sunda Banten.

5. Menarik perhatian penduduk asli Serang

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Tak hanya bahasa yang berperan dalam film Yuna, tapi juga penduduk asli Serang. Adalah Nazla Thoyib yang mengaku bangga karena bahasa Jaseng dijadikan dialog di salah satu film terbaik Indonesia itu.

Kamila Andini memilih Serango karena berbagai alasan, salah satunya karena banyak orang yang memiliki cerita yang sama dengan film Yuni.

6. Identik dengan warna ungu

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Alasan mengapa visualisasi sinematik Yuni identik dengan warna ungu ternyata cukup personal karena karakter Yuni mirip dengan teman SMA Kamila Andini yang menyukai warna tersebut.

Kamila Andini pun memilih nama Yuni dari puisi “Hujan Juni” karya Sapardi Djoko Damono.

7. Berisi adegan panas

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Arawinda Kirana yang berperan sebagai Yuni harus menjalani adegan panas bersama lawan mainnya Kevin Ardilova yang memerankan karakter Yoga di film Yuni.

Arawind Kiran tidak ambil pusing untuk berakting dalam adegan panas ini karena dia tahu pentingnya adegan itu dalam film Yuni. Meski demikian, Aravinda melakukannya setelah mendapat persetujuan orangtuanya.

8. Banjir kesuksesan

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Yuni tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto 2021 dan meraih Platform Prize yang sulit diraih film-film Asia Tenggara.

READ  Kisah Susa Susanti yang menghancurkan anggapan bahwa hanya laki-laki yang bisa berprestasi di bulu tangkis di Indonesia: Okezone Sports

Selain itu, Arawinda Kirana mendapat penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2021 dan Aktris Terbaik Festival Film Dunia Asia 2021.

9. Dia hampir menghadiri Oscar

Fakta Film Yuni (IMDb)
Fakta Film Yuni (IMDb)

Film Yuni berhasil terpilih mewakili Indonesia dalam pemilihan Film Panjang Internasional Terbaik di Academy Awards 2022 atau Academy Awards ke-94.

Sayangnya, film Yuni tak masuk dalam nominasi pemilihan juri Oscar 2022, saat pengumumannya disampaikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara.

Itulah berbagai fakta film Yuni yang kembali menjadi perbincangan setelah tayang di TV.

Penyumbang: Neressa Prahastiwi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *